Empat Guru Bidang Studi  P5 RA Kelas X1 hingga X4 Kolaborasi dalam Proyek Bertema Kearifan Lokal

Empat Guru Bidang Studi P5 RA Kelas X1 hingga X4 Kolaborasi dalam Proyek Bertema Kearifan Lokal

Masdubna.com – Empat guru bidang studi dari P5  RA  MA Darul Ulum Banda Aceh  menjalankan proyek kolaboratif yang bertemakan Kearifan Lokal bagi siswa kelas XI hingga X4. Dalam upaya menciptakan siswa yang lebih berdaya dan sadar akan peran mereka dalam masyarakat, guru-guru ini bergabung dengan empat fasilitator yang berpengalaman   Zaki  Nurul Huda,  Meri Darni,  Ratna, dan  Rosalia.

P5 Kurikulum Merdeka adalah pendekatan pembelajaran yang bertujuan untuk mengamati dan menyelesaikan permasalahan di sekitar melalui lima aspek utama, yaitu: potensi diri, pemberdayaan diri, peningkatan diri, pemahaman diri, dan peran sosial. Guru-guru bidang studi kolaborasi  dari kelas X1 hingga X4  memutuskan untuk menggabungkan keahlian mereka dalam upaya mendukung siswa dalam pengembangan lima aspek penting tersebut.

Pada ajang kolaborasi tersebut siswa diharapkan mampu memecahkan permasalahan yang sulit dari bahan praktik yang disediakan oleh guru bidang studi P5 RA. siswa juga diajarkan bagaimana bisa bekerja sama dalam  memecahkan masalah tersebut dengan melihat strategi dan kekompakan dalam kelompok masing-masing.

Selama proyek ini, siswa didorong untuk mencari pemecahan masalah menggunakan alat yang sudah disediakan. Ini adalah bagian penting dari pendekatan P5 RA, yang mendorong siswa untuk menjadi pemecah masalah yang kreatif dan berpikir kritis.

Zaki,  Merry,Ratna, dan  Rosalia sebagai fasilitator berperan sebagai pembimbing dalam proyek ini, membantu siswa dalam pemahaman dan penerapan kearifan lokal dalam konteks pembelajaran mereka.

semua Siswa  sangat antusias mengikuti proyek ini, dan para guru serta fasilitator yakin bahwa ini akan membantu menciptakan generasi yang lebih sadar akan budaya dan nilai-nilai lokal, serta lebih siap dalam menghadapi permasalahan di masyarakat mereka.

Proyek kolaborasi ini menjadi contoh inspiratif tentang bagaimana pendidikan dapat menjadi alat yang kuat untuk membentuk siswa menjadi individu yang lebih baik dan warga masyarakat yang lebih peduli dan bertanggung jawab terhadap lingkungan sekitar mereka.

Share